Safari Ramadhan Amil Zakat LAZISMU bersama Team PD. Muhammadiyah Jember

Safari Ramadhan Team Lazismu Jember
Safari Ramadhan Team Lazismu Jember
Selasa, 14 Juni 2016 merupakan kegiatan perdana dari rangkaian Safari Ramadhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jember kesepaluruh Pimpinan Cabang Muhamamdiyah (PCM) se-Kabupaten Jember, dan Team Lazismu Jember senantiasa menjadi bagian dari khafilah Safari Ramadhan ini dalam rangka mensosialisasikan program dan kegiatan Lazismu Jember dan serap aspirasi dari PCM dalam pengelolaan (pengumpulan dan penyaluran) Zakat, Infaq dan Shadaqah warga dan simpatisan Muhammadiyah se-Kabupaten Jember.

Pada hari ini, PCM yang dikunjungi secara bersamaan dihari itu adalah PC. Muhammadiyah Pakusari, PC. Muhammadiyah Kalisat dan PC. Muhammadiyah Sukowono, acara dimulai ba'da sholat Asar dilanjutkan dengan buka puasa bersama, hingga selesai sholat tarawih dan witir berjamaah.

Safari Ramadhan di PC. Muhammadiyah Kalisat
Ada beberapa informasi yang berkaitan dengan Lazismu Jember baik secara langsung maupun tidak, khususnya saat Safari Ramadhan di PCM Kalisat dilaksanakan di Masjid dan komplek perguruan Muhamamdiyah Kalisat, yaitu: di PC. Kalisat ada Masjid di Desa Sumber Jeruk Kec. Kalisat yang siap diwaqafkan ke PP. Muhammadiyah dan masyarakat sekitarnya juga sudah siap membentuk Pimpina Ranting Muhammadiyah Sumber Jeruk. Nah, peran Lazismu Jember bersama Majlis/lembaga PDM yang terkait diminta untuk bisa berperan aktiv menguatkan dan mempercepat terealisasinya waqaf dan pembentukan PR. Muhammadiyah didaerah tersebut.
Safari Ramadhan di PCM Kalisat
Safari Ramadhan di PCM Kalisat

Salah satu agenda yang diharapkan bisa dilaksanakan di Masjid Sumber Jeruk yang akan di-WAQAF-kan ke Muhammadiyah adalah pelaksanaan Bakti Sosial berupa pembagian zakat fitrah dan sembako kepada masyarakat fakir miskin disekitar masjid, sehingga peran dan aksi nyata Muhammadiyah dapat secara langsung dirasakan oleh masyarakat setempat, hal ini selain untuk meningkatkan kedekatan dengan masyarakat, juga akan semakin menguatkan kerberadaan amal usaha maupun aktivitas PR. Muhammadiyah yang akan didirikan.

Apalagi di PCM Kalisat, keberadaan Unit Pelayanan Zakat (UPZ) Lazismu akan segera dibentuk, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi stimulan untuk memotivasi pengurus maupun warga dan simpatisan Muhammadiyah Kalisat agar semakin mendukung keberadaan UPZ Lazismu di Kalisat, baik selama bulan Ramadhan ini ataupun selanjutnya.

Safari Ramadhan di PCM. Sukowono
Team Lazismu Jember yang dihadiri oleh MS. Rodi dan LD. Khairul Anfal pada Safari Ramadhan di Masjid Al-Jihad PC. Muhammadiyah Sukowono, memberikan informasi pentingnya pengelolaan potensi Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah melalui lembaga resmi Lazismu yang di Cabang berupa Unit Layanan Zakat (UPZ) Lazismu. Sehingga kedepan pembentukannya secara kelembagaan perlu segera dilakukan dan dimaksimalkan, karena potensi ZIS Ummat akan sangat membantu dalam gerak dakwah Islam persyarikatan Muhammadiyah di Sukowono yang selama ini masih tergolong Cabang dengan jumlah anggota dan aktivitas yang minim, jika dibandingkan dengan PCM lainnya di Kab. Jember.
Safari Ramadhan di PCM Sukowono
Safari Ramadhan di PCM Sukowono
Padahal PCM Sukowono  memiliki potensi yang baik untuk meluaskan area dakwahnya, hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang telah diraih TK. ABA yang selama ini menjadi Amal Usaha andalan dari PCM Sukowono dan merupakan salah satu TK favorit di Kecamatan Sukowono.

Safari Ramadhan di PC. Muhammadiyah Pakusari
Mungkin sudah menjadi petunjuk Allah SWT, saat Team Lazismu Jember, berkunjung ke lokasi tempat pelaksanaan Safari Ramadhan di PC. Muhammadiyah Pakusari yang bertempat di Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari (PmmP) Team bertemu dengan pengasuh dan tamu yang membawa misi khusus.

Misi itu adalah dalam rangka menyiapkan nafakah santri dan ustad/ustadah serta operasional Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari yang lebih tetap dalam jangka waktu panjang, yaitu penawaran pemilik lahan sawah untuk dibeli Pondok Pesantren Muhammadiyah Pakusari.
Safari Ramadhan di PCM Pakusari
Safari Ramadhan di PCM Pakusari
Sehingga diharapkan kedepannya, santri di Pondok Modern Muhamamdiyah Pakusari yang memang sebagian adalah anak yatim dan hampir seluruhnya adalah kaum dhuafa ini tidak lagi mengalami kesulitan dalam kebutuhan makan dan operasional sehari-hari, selama ini nafakah dan operasional Pondok masih mengandalkan dari donasi para dermawan yang jumlahnya senantiasa naik turun tidak pasti.

"Semoga harapan ini bisa segera terwujud pak, apalagi dengan memiliki waqaf tanah sawah yang produktif, akan lebih memberikan masa depan yang lebih cerah bagi tempat penggodokan kader dakwah di Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari ini, dan Lazismu Jember semaksimal mungkin akan membantu program PCM, khususnya untuk Waqaf Tanah Produktif ini", ujar Abdul Khamil, Direktur Lazismu Jember.


=====================================
Layanan TERBAIK dengan berbagai KEMUDAHANJEMPUT ZAKAT, INFAQ/SHADAQAH dari LAZISMU Kabupaten Jember atau INFO LAINNYA silahkan hubungi:
  • Office Lazismu Jember : (0331) 484785 (Jam Kerja 08.00 sd 16.00)
  • Hotline: WA Lazismu Jember: 081232000995
  • Kamiludin: HP/WA: 085257238205
  • M. Syaikur Rodi: HP/WA: 0852234678055
  • La Ode Khairul Anfal: HP/WA: 085258805309
  • Agus Yanto: HP/WA: 087750600156
  • Dedi Miftahul Hamzah: HP: 082257773188
  • Abdul Khamil: SmS: 085236144757, WA: 082230343339
Safari Ramadhan Amil Zakat LAZISMU bersama Team PD. Muhammadiyah Jember Safari Ramadhan Amil Zakat LAZISMU bersama Team PD. Muhammadiyah Jember Reviewed by LAZISMU Jember on 20.50.00 Rating: 5