Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan sedekah dibulan Ramadhan
Keutamaan sedekah dibulan Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, limpahan pahala dan ampunan dari Allah SWT, serta bulan yang begitu banyak waktu-waktu mustajabah do'a. Karena itulah kehadiran bulan Ramadhan begitu dinanti oleh seluruh Ummat Islam didunia.

Rasulullah SAW sebagai tauladan abadi sebagai sosok manusia yang terbaik pun begitu bersuka cita menghadapi bulan ramadhan, bahkan beliau telah mempersiapkan beberapa bulan sebelumnya, seperti memperbanyak puasa dibulan Sya'ban.

Begitu Ramadhan tiba, Rasulullah yang begitu dermawan, akan menjadi sosok yang amat sangat dermawanya, hingga seluruh permintaan seseorang pasti berinya dan sesuatu yang dimiliki Rasulullah senantiasa beliau sedekahkan.

Banyak sekali dalil yang menggambarkan perilaku sedekah Rasulullah di bulan Ramadhan, diantaranya: 
Diriwayatkan dalam shahih Al-Bukhari dan Muslim, dari Ibnu Abbas radiyallahu anhuma, ia berkata:
(( كَانَ النَّبِيُّ r أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُوْنُ فِيْ رَمَضَانَ، حِيْنَ يَلْقَاهُ جِبْرِيْلُ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ وَكَانَ جِبْرِيْلُ يَلْقَاهُ كُلَّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ، فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَكَانَ رَسُوْلُ الله r حِيْنَ يَلْقَاهُ أَجْوَدَ بِالخَيْرِ مِن الرِّيْحِ المُرْسَلَةِ ))
Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah orang yang amat dermawan, dan beliau lebih dermawan pada bulan Ramadhan, saat beliau ditemui Jibril untuk membacakan padanya Al-Qur’an. Jibril menemui beliau setiap malam pada bulan Ramadhan, lalu membacakan padanya Al-Qur’an. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ketika ditemui jibril lebih dermawan dalam kebaikan daripada angin yang berhembus.”

Begitu dermawannya Rasulullah, dan akan menjadi sangat lebih dermawan disaat bulan Ramadhan. Bahkan menurut riwayat Ibnu Abbas, menggambarkan kedermawanan beliau (Rasulullah) pada bulan Ramadhan, lebih besar dari tiupan angin yang berhembus.
Ibnu ‘Abbas menggambarkan kedermawanan beliau pada bulan Ramadhan lebih besar dibanding dengan tiupan angin. Oleh karena itu, setiap muslim yang mampu hendaknya memperbanyak sedekah pada bulan Ramadhan ini. - See more at: https://www.arrahmah.com/kajian-islam/kajian-hadits-28-memperbanyak-sedekah-di-bulan-ramadhan.html#sthash.0Z21MdBO.dpuf
Ibnu ‘Abbas menggambarkan kedermawanan beliau pada bulan Ramadhan lebih besar dibanding dengan tiupan angin. Oleh karena itu, setiap muslim yang mampu hendaknya memperbanyak sedekah pada bulan Ramadhan ini. - See more at: https://www.arrahmah.com/kajian-islam/kajian-hadits-28-memperbanyak-sedekah-di-bulan-ramadhan.html#sthash.0Z21MdBO.dpuf


Nah... dibulan Ramadhan yang penuh Berkah ini, merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Ummat Islam untuk memperbanyak amal kebaikan karena begitu banyaknya pahala dan keberkahan dibulan ini yang ALLAH SWT lipatgandakan lebih dari dibulan diluar Ramadhan.



Keutamaan dan pahala sedekah di bulan suci Ramadhan
Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.” (HR. Muslim no.1151)
Berbagi dengan Sesama
Berbagi dengan Sesama

1. Orang yang bersedekah di bulan Ramadhan akan dikumpulkan di dalam surga
 “Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946).

2. Orang bersedekah di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala orang berpuasa 
Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807, ia berkata: “Hasan shahih”) 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa dengan beberapa ruthab (kurma basah), jika tidak ada maka dengan beberapa tamr (kurma kering), jika tidak ada maka dengan beberapa teguk air.” (HR. At Tirmidzi, Ahmad, Abu Daud, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi, 696)
Memberi buka puasa di bulan Ramadhan
Memberi buka puasa di bulan Ramadhan

3. Sedekah di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan
Sesungguhnya Allah mencatat setiap amal kebaikan dan amal keburukan.” Kemudian Rasulullah menjelaskan: “Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, namun tidak mengamalkannya, Allah mencatat baginya satu pahala kebaikan sempurna. Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, lalu mengamalkannya, Allah mencatat pahala baginya 10 sampai 700 kali lipat banyaknya.” (HR. Muslim no.1955).

Wahai manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung dan penuh berkah. Di dalamnya terdapat satu malam yang nilai (ibadah) di dalamnya lebih baik dari 1000 bulan. Allah menjadikan puasa pada siang harinya sebagai sebuah kewajiban, dan menghidupkan malamnya sebagai perbuatan sunnah (tathawwu’). Barangsiapa (pada bulan itu) mendekatkan diri (kepada Allah) dengan satu kebaikan, ia seolah-olah mengerjakan satu ibadah wajib pada bulan yang lain. Barangsiapa yang mengerjakan satu perbuatan wajib, ia seolah-olah mengerjakan 70 kebaikan di bulan yang lain. Ramadhan adalah bulan kesabaran, dan kesabaran itu balasannya surga. Ia (juga) bulan tolong-menolong, di mana di dalamnya rezki seorang Mukmin bertambah (ditambah). Barangsiapa (pada bulan itu) memberikan buka kepada seorang yang berpuasa, maka itu menjadi maghfirah (pengampunan) atas dosa-dosanya, penyelamatnya dari api neraka dan ia memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa (itu) sedikitpun.

Kemudian para Sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, tidak semua dari kita memiliki makanan untuk diberikan sebagai buka orang yang berpuasa.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah memberikan pahala tersebut kepada orang yang memberikan buka dari sebutir kurma, atau satu teguk air atau susu. Ramadhan adalah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya maghfirah (ampunan) dan akhirnya pembebasan dari api neraka.” Hadits ini diriwayatkan oleh Al Baihaqi, Al Hakim, Ibnu Khuzaimah (no. 1887) dan Al Ash-habani dalam At Targhib (178). Hadits ini didhaifkan oleh para pakar hadits seperti Al Mundziri dalam Targhib Wat Tarhib (2/115), juga oleh Dhiya Al Maqdisi di Sunan Al Hakim (3/400), bahkan dikatakan oleh Al Albani hadits ini Munkar, dalam Silsilah Adh Dhaifah (871).

Saudaraku....
Kesempatan bertemu dengan Ramadhan adalah kesempatan yang terbaik yang telah ALLAH SWT berikan kepada kita sebagai hamba-NYA,
Mari gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan amal kebaikan seban seyak-banyaknya,

Karena Ramadhan tahun depan, tiada yang bisa memastikan kita akan bersua
Kalaupun bersua, belum tentulah sama antara kesempatan, kemampuan dan kebahagian yang kita rasakan tahun ini akanlah sama

Saudaraku....
Kesempatan yang ada manfaatkan lah sebaik mungkin
Tahun ini tidak akan terulang kembali
Kesempatan tahun ini tiada akan pernah ada, dan tiada akan sama
Manfaatkanlah... Manfaatkanlah... semaksimal yang kita bisa
apalagi diantara malam-malam dibulan Ramadhan ini ada suatu malam yang nilai ibadah dan amal kebaikan kita akan dilipat gandakan sebanyak 1000 bulan dari amalan ibadah dan amal kebaikan kita dihari-hari lain dibulan Ramadhan, yaitu di Malam Lailatul Qadar.

Mari Manfaatkan RAMADHAN 1437 H dengan Berbagi dengan Sesama,
Bersama LAZISMU Jember,
kita bergandengan tangan Tiada Henti MEMBERI untuk NEGERI.
=====================================
Layanan TERBAIK dengan berbagai KEMUDAHANJEMPUT ZAKAT, INFAQ/SHADAQAH dari LAZISMU Kabupaten Jember atau INFO LAINNYA silahkan hubungi:
  • Office Lazismu Jember : (0331) 484785 (Jam Kerja 08.00 sd 16.00)
  • Hotline: WA Lazismu Jember: 081232000995
  • Kamiludin: HP/WA: 085257238205
  • M. Syaikur Rodi: HP/WA: 0852234678055
  • La Ode Khairul Anfal: HP/WA: 085258805309
  • Agus Yanto: HP/WA: 087750600156
  • Dedi Miftahul Hamzah: HP: 082257773188
  • Ghifar: HP/WA: 082141721226
  • Sutarman: HP/WA: 089650620432
Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan Reviewed by LAZISMU Jember on 20.37.00 Rating: 5