Memberi adalah komunikasi yang paling efektif

Memberi adalah komunikasi efektif
Memberi adalah Komunikasi Efektif




MEMBERI ADALAH KOMUNIKASI YANG PALING EFEKTIF
Oleh : Kamiludin, S.Kep.Ners*

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak mampu hidup sendiri tanpa adanya manusia lain di sekitarnya. Oleh karena manusia itu adalah makhluk sosial, maka manusia membutuhkan teknik untuk dapat berinteraksi dengan manusia lainnya, teknik tersebut adalah komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah teknik atau media untuk menyampaikan pesan ataupun berita kepada lawan bicaranya. Komunikasi selalu dibutuhkan ummat manusia untuk keberlangsungan interaksi sosial antara manusia itu sendiri.

Komunikasi tidak melulu berkaitan dengan lisan saja (verbal), melainkan praktek perbuatan dan tingkah laku kita juga bagian dari komunikasi yang kemudian kita kenal dengan komunikasi non verbal. Kesesuaian antara komunikasi verbal dan non verbal tersebut sangatlah menentukan komunikasi itu berjalan efektif atau tidak. Sehingga, keberlangsungan interaksi sosial dapat berjalan efektif dengan adanya kesesuaian tersebut.

Perintah ta’aruf dalam (QS.49:13) mengharuskan kita sebagai insan beriman agar mampu berkomunikasi dengan manusia lain meskipun beda jenis kelamin, suku, bangsa, dan beda agama sekalipun, tujuannya agar kita bisa berinteraksi antara satu sama lain. Selain itu, perintah silaturrahim dalam Islam mengajarkan kita bagaimana komunikasi efektif kita tetap terjalin, khususnya bagi saudara kerabat terdekat kita, sebab Tuhan akan selalu menjaga dan mengawasi kita semua (QS.4:1).

Kata silaturrahim sendiri berasal dari kata “silah” yang berarti menyambungkan, sedangkan “rahim” bermakna rasa kasih sayang. Silaturrahim berarti berbagi kasih sayang antar sesama, hal ini merupakan manifestasi dari sifat rahman rahim Allah SWT dan tentunya sifat Allah ini dimanifestasikan oleh manusia dalam hidup antar sesamanya. Ta’aruf dan silaturrahim tersebut akan bisa terwujud jika kita mampu melakukan komunikasi secara intens dan efektif. Untuk mencapai pada komunikasi efektif tersebut, memberi merupakan senjata paling efektif dari sebuah komunikasi.


Memberi dalam arti zakat ataupun sedekah merupakan media komunikasi non verbal yang kemudian di iringi dengan doa (verbal) semacam “semoga sedekah ini bermanfaat bagi bapak/ibu”  akan membuat si penerima menjadi senang dan bergembira atas pemberian sedekah tersebut, begitupun sebaliknya keikhlasan dan keramahan yang di sampaikan oleh si pemberi akan membuatnya senang dan bergembira. Sehingga interaksi sosial antara si penerima dan pemberi akan selalu terjalin dengan baik. 

Senyum dalam Islam adalah bagian dari sedekah/memberi, selain menyehatkan, senyum juga merupakan media komunikasi yang efektif untuk berinteraksi dengan saudara kita. Meskipun tidak benar 100%, orang yang melempar senyuman kepada saudaranya, maka bisa di pastikan dia akan mendapat umpan balik senyuman dari saudaranya, sekalipun dia tidak pernah kenal sebelumnya. Itulah hebatnya komunikasi efektif dari sebuah pemberian.

Namun, tidak semua pemberian secara otomatis akan menjadi komunikasi efektif, ada syarat dan ketentuan yang disampaikan oleh Allah dalam menjalankan komunikasi tersebut, yaitu janganlah mengungkit-ungkit pemberian dan jangan pula menyakiti hati (perasaan) si penerima (QS.2:262). Dengan syarat dan ketentuan tersebut, berbagi kasih sayang dari perintah silaturrahim akan menjadi komunikasi yang paling efektif dalam menjalin hubungan baik antar sesama. Oleh karena itu, marilah perbanyak bersedakah agar kita bisa menebar kebaikan dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun kita berada.  

*Penulis : Aktivis Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Jember, Ekskutif Lazismu Jember

=====================================
Layanan TERBAIK dengan berbagai KEMUDAHANJEMPUT WAQAF TUNAI dari LAZISMU Kabupaten Jember atau INFO LAINNYA silahkan hubungi:
  • Office Lazismu Jember : (0331) 484785 (Jam Kerja 08.00 sd 16.00)
  • Hotline: WA Lazismu Jember: 081232000995
  • Kamiludin: HP/WA: 085257238205
  • M. Syaikur Rodi: HP/WA: 0852234678055
  • La Ode Khairul Anfal: HP/WA: 085258805309
  • Agus Yanto: HP/WA: 087750600156
  • Dedi Miftahul Hamzah: HP: 082257773188
  • Abdul Khamil: SmS: 085236144757, WA: 082230343339
Memberi adalah komunikasi yang paling efektif Memberi adalah komunikasi yang paling efektif Reviewed by LAZISMU Jember on 18.34.00 Rating: 5