Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa: Pemberian Ternak Ayam dari Lazismu Jember

Penyerahan Ternak Ayam Kampung untuk Pemberdayaan Dhuafa
Penyerahan Ternak Ayam Kampung untuk Pemberdayaan Dhuafa

Jember, Kamis (28 Juli 2016) Lazismu kabupaten Jember melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi dengan memberikan bantuan ternak ayam betina dan jantan beserta kandangnya yang berukuran 1,5 X 5 Meter dan pakan untuk kebutuhan 2 minggu. Team Lazismu jember memberikan lansung kepada Bapak  Supardi dan Ibu maimuna, keluarga yang selama ini tinggal digubuk berukuran 3x5m yang berlantai tanah, dan dengan kondisi status tanah tersebut masih sewa, di Jl. Cemedak kreongan kecamatan patrang.

Rumah Keluarga Supardi Tampak Depan
Rumah Keluarga Supardi Tampak Depan

Kita mungkin tidak menyangka, bahwa ditengah-tengah kawasan kota (berjarak 2 km dari Alun-alun Jember) yang masih ada keluarga yang jauh dalam kategori hidup kurang layak. Hidup sekeluarga Supardi bersama anak-anak, menantu dan kedua cucunya dalam rumah yang jauh dari kata layak, pekerjaan yang tidak menentu, serta tenaga yang sudah tidak mudah lagi, apalagi dengan kondisi anak lelakinya yang mengalami sedikit gangguan jiwa tentu semakin menambah beratnya beban kehidupannnya.

Kondisi Ruang Tamu Sekaligus Kamar
Kondisi Ruang Tamu Sekaligus Kamar

Penyerahan ayam-ayam ini dilakukan oleh Badan Pengurus Lazismu Jember, drh. H Puput Rijalu Wijaya, beliau menyampaikan bahwa: "Kegiatan pemberdayaan seperti ini harus terus digalakkan oleh Lazismu Jember, sehingga kaum dhuafa tidak sekedar menerima "ikan", namun mereka juga "memiliki kail" untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraannya dan keluarga".

"Dan yang tidak kalah pentingnya juga adalah program pemberdayaan yang telah dilaksanakan ini harus ada kegiatan yang berkelanjutan, setidaknya silaturohim terus dilakukan oleh Lazismu Jember agar masyarakat yang menerima pemberdayaan dapat diketahui hasilnya dari program ini, apakah dinilai berhasil ataukah ada kekurangannya. Jangan pesimis dengan nilai yang diberikan, tapi yakinlah apabila diikhtiarkan sebaik mungkin dan dibuat sistem kontrol yang efektif pasca penyerahan, maka kegiatan ini akan memberikan dampak yang cukup signifikan untuk membantu meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga dhuafa" pesan beliau yang juga merupaan Ketua PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Jawa Timur Wilayah IV.

Agus Yanto dari Lazismu Jember saat pertama kali berkunjung kerumah Supardi
Agus Yanto dari Lazismu Jember saat pertama kali berkunjung kerumah Supardi

Kegiatan ini memang akan menjadi fokus pemberdayaan Ekonomi Dhuafa yang dilakukan oleh Lazismu Jember, bahkan Agus Yanto selaku Divisi Program Lazismu Jember menyampaikan bahwa "kegiatan sejenis akan terus dilakukan dan disebarkan keseluruh pelosok Kabupaten Jember dengan jenis usaha yang berbeda-beda disesuaikan dengan keahlian, kebutuhan, ketersediaan dan keberadaan lingkungan masing-masing keluarga dhuafa".

"Kami telah menyiapkan berbagai konsep dan pilihan usaha yang bisa digunakan untuk pemberdayaan keluarga dhuafa, namun memang secara bertahap dan terseleksi program ini akan digulirkan, target kita setidaknya hingga akhir tahun ini ada 500 keluarga dhuafa yang telah merasakan manfaat dari pemberdayaan ekonomi ini", kata Agus kembali.

MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI, MENEBAR KEBAIKAN UNTUK SESAMA YANG MEMBUTUHKAN

BERBAGI bersama KAMI, Tiada Henti MEMBERI untuk NEGERI

========================================================
Layanan TERBAIK dengan berbagai KEMUDAHANJEMPUT ZISWQ
(Zakat, Infaq/Shodaqoh, Waqaf & Qurban) atau INFO LAINNYA silahkan hubungi:
  • Office Lazismu Jember : (0331) 484785 (Jam Kerja 08.00 sd 16.00)
  • Hotline: WA Lazismu Jember: 081232000995
  • Kamiludin: HP/WA: 085257238205
  • M. Syaikur Rodi: HP/WA: 0852234678055
  • La Ode Khairul Anfal: HP/WA: 085258805309
  • Agus Yanto: HP/WA: 087750600156
  • Dedi Miftahul Hamzah: HP: 082257773188
  • Abdul Khamil: SmS: 085236144757, WA: 082230343339
Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa: Pemberian Ternak Ayam dari Lazismu Jember Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa: Pemberian Ternak Ayam dari Lazismu Jember Reviewed by LAZISMU Jember on 15.11.00 Rating: 5