Advokasi Pendidikan oleh PD. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jember dan Bantuan Pendidikan bersama Lazismu Jember

Team Advokasi Pendidikan PD. IPM dan Lazismu Jember bersama Anak Putus Sekolah
Team Advokasi Pendidikan PD. IPM dan Lazismu Jember bersama Anak Putus Sekolah

Jember, Jum'at, 21 Juli 2016. Team Lazismu kabupaten Jember bersama Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kab. Jember, memberikan bantuan Advokasi Pendidikan kepada seorang anak usia tujuh tahun, bernama Ahmad Fathoni agar dapat bersekolah di SDN Jember Lor 5  Kec. Patrang Kab. Jember, sekaligus memberikan paket perlengkapan Sekolah berupa Tas dan Seragam Sekolah (Merah Putih dan Coklat Pramuka).

Kejadian ini bermula dari hasil temuan salah satu pengurus PD. Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD. IPM) Kab. Jember, Andi Saputra. menyampaikan bahwa ada anak usia sekolah dari kalangan dhuafa yang hingga menjelang waktu pertama masuk sekolah (senin, 18 Juli 2016) belum melihat akan masuk ke sekolah yang ada di sekitar rumahnya.

"Mas, kami menemukan ada anak dhuafa yang memang sering saya lihat sehari-hari, ketika saya tanyakan ke anaknya ternyata belum ada rencana sekolah, kemudian saya cross cek ke orang tuanya sebenarnya dia sudah usia 7 tahun, namun karena kondisi ekonomi, mereka memilih membiarkannya tidak sekolah", kata Andi Saputra, pengurus PD.IPM Jember saat memberikan laporan.

Setelah didiskusikan bersama Agus Yanto, Divisi Program Lazismu Jember, bersama-sama melakukan kunjungan untuk memastikan keberadaannya. "Kita harus pastikan, agar orang tuanya mau anaknya sekolah, kalau masalah biaya, sebenarnya sekarang sekolah gratis, kebutuhan perlengkapnnya juga bisa dipenuhi oleh Lazismu atau apabila berkenan dia bisa dititipkan di Panti Asuhan Muhammadiyah terdekat yaitu Nurul Husna, dibawah binaan PC. Muhammadiyah Patrang" kata Agus Yanto memberikan beberapa alternatif.

Namun, dikarenakan ada informasi kalau orang tuanya tidak berkenan apabila Ahmad Fathoni dimasukkan ke Panti Asuhan Muhammadiyah, maka Team (Lazismu dan PD.IPM Jember) selanjutnya menuju ke rumah yang bersangkutan untuk memastikan.

Ahmad Fathoni, anak tunggal dari  orang tua yang ayah dan pamannya dalam kondisi gangguan jiwa, sehingga praktis kebutuhkan sehari-hari mengandalkan kerja dari Ibunya dan Neneknya yang bekerja serabutan. Tinggal digubuk yang sangat sederhana, berdindingkan gedek (anyaman bambu) berukuran sekitar 3x6 yang berlantai tanah bersama 6 orang lainnya (Nenek, Kakek, Ayah, Paman, Ibu dan Fathoni), yang beralamatkan di Jl. Cemedak Keluarahan Kreongan Kec. patrang - Jember. 

Anak tersebut mulanya tidak ingin bersekolah, namun setelah Andi Saputran PD. Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD. IPM) dan Lazismu Kab. Jember mendatangi rumahnya dan memotivasi anak dan orang tuanyanya, sehingga anak tersebut bisa melanjutkan pendidikannya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jember Lor 5. 

Ahmad Fathoni bersama Kasek dan Team PD. IPM Jember
Ahmad Fathoni bersama Kasek dan Team PD. IPM Jember

Beruntung sekali Wiwiet, Kepala Sekolah SDN Jember Lor 5 Patrang menyambut dengan baik kehadiran Ahmad Fathoni, bahkan Bu Kasek siap membantu secara pribadi kebutuhan Alat Tulis Menulis dan kebutuhan lainnya (seperti seragam olah raga dan lain-lain). Selain itu, Pemerintah Daerah melalui Bupati dr. Faida, MMR juga telah menyampaikan, bahwa pendidikan GRATIS bagi seluruh masyarakat Jember, mulai dari SD hingga SMA/SMK, GRATIS artirnya tanpa ada pungutan sama sekali dengan alasan apapun.

Pemerintah sudah menyiapkan sarananya, dan pendidiknya, tinggal apakah masih ada kemauan, motivasi dari peserta didik khususnya wali muridnya untuk menyekolahkan anak-anaknya atau tidak?!.

"Terimakasih kepada Lazismu dan IPM serta Ibu wiwiet sebagai kepala sekolah yang telah membantu saya sekolah" ujar Ahmad Fathoni, kini wajahnya kembali ceria, harapan cerah masa depannya kembali terbuka, semoga ini bisa menginspirasi kita agar senantiasa bisa membantu sesama, setidaknya memotivasi agar setiap orang tua menyekolahkan anak-anaknya, karena pendidikan sekarang tidak lagi mahal, bahkan GRATIS. 

Mari BERGABUNG bersama KAMI, Lazismu Jember,
Tiada Henti MEMBERI untuk NEGERI
_______________________________________
Layanan TERBAIK dengan berbagai KEMUDAHANJEMPUT ZAKAT, INFAQ/SHADAQAH DAN WAQAF TUNAI dari LAZISMU Kabupaten Jember atau INFO LAINNYA silahkan hubungi:
  • Office Lazismu Jember : (0331) 484785 (Jam Kerja 08.00 sd 16.00)
  • Hotline: WA Lazismu Jember: 081232000995
  • Kamiludin: HP/WA: 085257238205
  • M. Syaikur Rodi: HP/WA: 0852234678055
  • La Ode Khairul Anfal: HP/WA: 085258805309
  • Agus Yanto: HP/WA: 087750600156
  • Dedi Miftahul Hamzah: HP: 082257773188
  • Abdul Khamil: SmS: 085236144757, WA: 082230343339
Advokasi Pendidikan oleh PD. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jember dan Bantuan Pendidikan bersama Lazismu Jember Advokasi Pendidikan oleh PD. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jember dan Bantuan Pendidikan bersama Lazismu Jember Reviewed by LAZISMU Jember on 08.25.00 Rating: 5