Pembentukan UPZ Lazismu se-Kab. Jember

Foto Aksi bersama UPZ Lazismu se-Kab. Jember
Foto Aksi bersama UPZ Lazismu se-Kab. Jember

Ahad, 14 Agustus 2016 bertempat di Kantor Lazismu Jember, dilaksanakan dalam kesederhanaan dan kekeluargaan Pembentukan dan Rapat Koordinasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Lazismu Jember yang ada di Cabang-cabang Muhammadiyah di Kab. Jember.

Kegiatan yang dihadiri oleh hampir seluruh UPZ utusan dari PC. Muhammadiyah Jember dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Jember, Suyono H. Sulaiman, SH, M.I.Kom dalam sambutannya menyampaikan bahwa Lazismu adalah lembaga amil zakat yang telah memiliki ijin resmi dari pemerintah, saat ini Lazismu Pusat yang telah didirikan tahun 2002 telah memperoleh Ijin operasional dari Kemenag RI, namun seiiring dengan pemberlakuan UU No. 23 Tahun 2011 yang efektif dilaksanakan bulan Nopember 2016, LAZ (Lembaga Amil Zakat) selain BAZNAS akan mengajukan ijin operasional dan sertifitasi kelayakan ulang, dan ijin Lazismu sudah dalam proses penerbitan, namun dengan Surat Ijin yang lama, kita masih bisa melaksanakan kegiatan pengumpulan dan penyaluran Zakat, Infaq, Shadaqah masyarakat. Karena setelah bulan Nopember 2016, UU No. 21 Tahun 2011 aka benar-benar diberlakukan dan diatur, dan hanya Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional yang resmi saja nantinya yang diperbolehkan menerima, mengumpulkan dan menyalurkan Zakat masyarakat Indonesia. Dan Lazismu Jember selaku bagian dari Lazismu Pusat dapat melaksanakan amanah ibadah Zakat Ummat khususnya di Kab. Jember.

Paparan Materi Pembentukan UPZ Lazismu Jember
Paparan Materi Pembentukan UPZ Lazismu se-Kab. Jember

Dalam kesempatan pemaparan materi tentang Lazismu salah satunya dari Direktur Lazismu Jember, Abdul Khamil, S.Si, S.Sos menyampaikan bahwa keberadaan Koordinator UPZ di masing-masing Cabang Muhammadiyah merupakan kepanjangan tangan dari Lazismu Jember, mereka diberi kewenangan untuk menggalang dan melakukan pentasyarufan (baik konsumtif maupun produktif) di masing-masing wilayah Cabang Muhammadiyah dengan tetap berkoordinasi dan sepengetahuan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah.

Jadi modal kita sudah cukup lengkap, walaupun baru saat ini dibentuk, Lazismu Jember ini sebenarnya seperti Raksasa yang Sedang Tidur, saat ini mulai bangun, tergantung dari maisng-masing Koordinator apakah nantinya langsung jalan, merangkah atau bahkan berlari kencang. Kata Abdul Khamil lagi 

Dari kegiatan ini sudah terbentuk sebanyak 18 Koordinator UPZ dimasing-masing PC. Muhammadiyah se-Kab. Jember dari 23 PCM yang ada. Kedepannya akan dibentuk dimasing-masing Kecamatan yang belum ada PCM nya.

Kamiludin, S.Kep,Ners selaku Kepala Divisi Administrasi dan Keuangan Lazismu Jember dalam paparannya juga menyampaikan, agar Koordinator UPZ senantiasa berkoordinasi khususnya dengan Bendahara PCM bahkan dengan Pimpinan PCM dimasing-masing Cabang, karena nantinya Koordinator UPZ akan menjadi urat nadi dari perkembangan dakwah sosial keagamaan Muhammadiyah di masing-masing Cabang hingga Ranting Muhammadiyah, baik dalam pendataan, pengumpulan terlebih lagi dalam pentasyarufannya.

Untuk saat ini kami dari Lazismu Jember ingin UPZ Lazismu dimasing-masing Cabang bisa tumbuh dan berkembang terlebih dahulu, sehingga setiap perolehan fresh money (uang cash) silahkan digunakan sebaik-baiknya bersama PCM setempat untuk kegiatan sosial keagamaan dengan tetap memperhatikan 8 (delapan) asnaf apabila dana Zakat dan TRUST (kepercayaan) dari Muzakki untuk Infaq yang dititipkan. kata Kamiludin lagi.

Namun kata Kamiludin, UPZ memiliki struktur organisastoris langsung ke Lazismu Jember, sehingga perlu senantiasa berkoordinasi dan menjalankan program-program Lazismu Jember, dan yang utama adalah seluruh perolehan Zakat, Infaq, Shadaqah, Waqaf maupun Qurban di masing-masing wilayah kerja UPZ harus dilaporkan ke Lazismu Jember, berupa rekapitulasi atau sesuai dengan format laporan yang diminta.

"Nah ini, dari laporan UPZ ini akan kami rekap menjadi laporan perolehan Lazismu Jember setiap bulannya, meskipun tidak dengan uangnya, karena tetap berada di Kas UPZ atau PCM setempat" kata Kamiludin lagi.

Penyerahan SK Koordinator UPZ Lazismu se-Jember
Penyerahan SK Koordinator UPZ Lazismu se-Jember
 
Dalam kesempatan ini juga telah diserah terimakan secara resmi Surat Keputusan (SK) untuk Koordinator masing-masing UPZ Lazismu se-Kab. Jember, sebaik bekal dan bukti legalitas kerja dari UPZ. Jadi mereka akan mulai bekerja sejak SK diterima dan di akhir bulan Agustus 2016 ini harus sudah melaporkan perolehan Zakat, Infaq, Shadaqah, Waqaf maupun Qurban-nya. (*doel)
Pembentukan UPZ Lazismu se-Kab. Jember Pembentukan UPZ Lazismu se-Kab. Jember Reviewed by LAZISMU Jember on 19.41.00 Rating: 5