Lazismu Jember bantu Korban Tanah Longsor di Desa Gelang Kec. Sumberbaru


Sabtu dini hari Team Lazismu dan KOKAM PDPM Jember memantau langsung kondisi rumah korban tanah longsor
Sabtu dini hari Team Lazismu dan KOKAM PDPM Jember memantau langsung kondisi rumah korban tanah longsor

Jum'at (2 Desember 2016) sore sekitar jam 15.30 WIB waktu yang begitu sangat menegangkan bagi Rahman (58) dan sekeluarga yang saat itu harus tinggal bersama istri dan anak beserta menantunya dan cucunya yang masih berusia 5 tahun, betapa tidak, hujan deras yang mengguyur desa Gelang Kec.Sumberbaru - Kab. Jember itu tiba-tiba mengeluarkan gemuruh yang menakutkan, bukan suara guntur dilangit namun tembok kamar yang seolah-olah digedor dengan kerasnya dari luar.

Kondisi rumah korban tanah longsor dari depan
Kondisi rumah korban tanah longsor dari depan

Ada balok kayu yang turut bersama longsornya tanah dalam pantuan KOKAM PDPM Jember
Ada balok kayu yang turut bersama longsornya tanah dalam pantauan KOKAM PDPM Jember

Sejurus kemudian Rahman yang sehari-hari berprofesi sebagai petani ini, mengajak seluruh keluarganya untuk keluar rumah dan mengungsi kerumah anak tertuanya yang berada tepat didepan rumahnya. Untuk memastikan suara itu, rahman melihat dari luar rumah, tiba-tiba plengsengan yang berada tepat diutara tembok rumahnya longsor dengan suara bergemuruh yang menakutkan, hanya dalam beberapa detik saja, tembok kamar utama dimana anak, menantu beserta cucunya tidur jebol diterjang bebaruan dari plengsengan yang longsor, selang tidak lama batu-batu dari sisi timur, depan rumahnya juga longsor dan dengan kerasnya menerjang ruang tamu dan atap depan terasnya.

Ruang tamu rumah Rahman yang jebol diterjang tanah longsor
Ruang tamu rumah Rahman yang jebol diterjang tanah longsor

Brak...!!! terdapat dua lubang menganga yang cukup besar dikamar utama dan ruang tamu disertai batu dan tanah yang longsor mulai masuk kedalam rumah Rahman, saat itu Rahman beserta keluarganya hanya bisa pasrah sambil menunggu dan memastikan hujan mereda untuk menjaga agar longsor susulan tidak terjadi dan membersihkan kotoran batu dan tanah yang mengotori rumahnya serta memberi penyanggah pada atap teras rumah agar tidak ambruk. Selain itu beberapa terpal dibentangkan di lereng/ plengsengan yang longsor untuk memberi penahan sementara agar agar tanah dan batu tidak kembali tergerus oleh air hujan.

Sumber longsornya batu dan tanah diatas rumah Rahman
Sumber longsornya batu dan tanah diatas rumah Rahman

Melihat kondisi yang cukup parah ini, Team Lazismu Jember pada hari Ahad (4 Desember 2016) melakukan rapat koordinasi terkait kondisi dibeberapa daerah yang banyak terdampak korban bencana alam berupa banjir dan khususnya difokuskan juga pada korban tanah longsor yang kondisi nya cukup parah, perlu segera diberi bantuan, karena apabila tanah kembali longsor, bukan hanya rumah Rahman yang roboh, tetapi rumah-rumah yang tepat berada diatasnya juga akan berpotensi bergeser bahkan ambruk.

Saat ini juga setelah melakukan koordinasi secukupnya seluruh team Kantor Layanan Lazismu se-Jember yang hadir di Rakor bersepakat untuk kembali kelokasi korban tanah longsor dengan membawa donasi berupa semen dan snack/ makanan ringan untuk keluarga korban.

Team Lazismu dan KOKAM PDPM Jember bersiap membawa bantuan semen untuk korban tanah longsor
Team Lazismu dan KOKAM PDPM Jember bersiap membawa bantuan semen untuk korban tanah longsor
Semen untuk korban tanah longsor siap diturunkan

Team Lazismu Jember saat memberikan santunan korban tanah longsor
Team Lazismu Jember saat memberikan santunan korban tanah longsor
Nasi kotak untuk Rahman dan keluarganya
Nasi kotak untuk Rahman dan keluarganya

Belum banyak donasi yang dibawa Team Lazismu Jember, namun keberadaannya semoga dapat memberi manfaat kepada Rahman beserta keluarganya dan juga bagi pemilik rumah yang tepat berada diatasnya serta lingkungan sekitarnya.

Team Lazismu Jember senantiasa siap sedia MEMBERI untuk NEGERI
Team Lazismu Jember senantiasa siap sedia MEMBERI untuk NEGERI

Dan apabila Anda ingin berdonasi untuk korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor maupun bencana alam lainnya di Kab. Jember dapat disalurkan melalui Lazismu Kab. Jember dengan alamat :
Kantor Lazismu Jember: Jl. Bondoyudo 11 JemberTelp. 0331-484785 (Jam kerja)

Dan untuk layanan jemput donasi (Daerah Kota Jember) bisa menghubungi kami : 081231798356 (Agus Yanto) atau 082257773188 ( Dedi M.H)

Atau Silahkan Transfer ke rekening kami di :
Bank Syariah Mandiri 
Norek: 7011 8676 71
an. Lazis Muh. Jember (kemanusiaan)

atau apabila ingin kemudahan transfer di Bank Konvensional bisa melalui Rekening Bank Direktur Lazismu Jember dibawah ini:
Mandiri: 90 0000 2438 449
BCA: 2000 480 382
BRI: 00210 11160 15509
BNI Syariah: 02565 74610
an. ABDUL KHAMIL


*Dengan cara saat akan mentransfer mohon ditambahan kode+12:
Contoh: *Rp 1.000.012*

(Konfirmasi setelah transfer via SMS  ke 085236144757
Ketik : nama, alamat, jenis donasi, nominal, bank).

Semoga Allah SWT meridhoi semua amal kebaikan kita, dan memberi ganti yang jauh lebih baik lagi, Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin.

Syukran Jazilan, Wassalaamu'alaikum wr.wb.

www.lazismujember.org

MEMBERI untuk NEGERI
Lazismu Jember bantu Korban Tanah Longsor di Desa Gelang Kec. Sumberbaru Lazismu Jember bantu Korban Tanah Longsor di Desa Gelang Kec. Sumberbaru Reviewed by LAZISMU Jember on 06.21.00 Rating: 5