Santunan Yatim Dhuafa di Pinggir Sungai Bedadung

Team bersama anak yatim dhuafa tinggal di pinggir sungai Bedadung
Team bersama anak yatim dhuafa tinggal di pinggir sungai Bedadung

Jum'at, 28 April 2017, Majlis Pelayanan Sosial (MPS) PDM Jember bersama dengan PK. IMM Unej dan Lazismu Jember mendatangi Mushollah At-Thohiriyah, yang lokasinya berada di utara Geladak Kembar sungai Bedadung - Jember, tepatnya di Lingkungan Tembakan - Kelurahan Kepatihan Kec. Kaliwates - Jember.

Rombongan besar ini dalam rangka untuk menemui dan menyantuni para anak Yatim yang jumlahnya mencapai 15 anak yang merupakan anak-anak binaan dari Bu Indri (Salah satu donatur Lazismu Jember), bersama Ketua RW, Subagio, anak-anak Yatim ini dibina, diajari mengaji Al-Quran dan belajar pelajaran sekolah setiap sore hingga menjelang sholat isya' di mushollah At-Thohiriyah. 

Sebagaimana disampaikan oleh Subagio, "Saya kasihan dengan mereka ini mas, ibunya bekerja biasanya hingga larut malam, sehingga anak-anak ini seperti tidak ada yang memperhatikan, belajarnya, ngajinya juga, maka kemudian bersama Bu Indri kami inisiatif untuk mengumpulkan mereka di musholla ini untuk belajar pelajaran sekolah dan mengaji Al-Qur'an", katanya menjelaskan. Sebagian besar ibu dari para anak yatim dhuafa ini bekerja sebagai "rewang" (pembantu berjualan) dari pedagang yang ada di pinggir jalan ini ataupun di pasar kepatihan yang tepat berada didepan musholla At- Thohiriyah.

Kalau dilihat dari jalan raya Geladak Kembar, mushollah At-Thohiriyah memang tidak tampak mencolok, bahkan musholla dengan lebar sekitar 6m dan panjang mencapai 10m ini tampak tersembunyi dibalik toko dan kantor yang berdiri gagah disampingnya. Dan jika dilihat dari peta google maps, keberadaannya memang berada di jantung kota Jember, namun jika diperhatikan lebih mendetail lagi malah lebih dengan dengan pinggir sungai Bedadung yang berada tepat dibawah Geladang Kembar.

Dan sebagian besar dari anak-anak Yatim ini sebenarnya tidak tinggal di gemerlapnya kota Jember, namun lebih tepatnya berada di pinggir sungai bedadung yang rumah mereka saling berhimpitan satu dengan yang lainnya, "mungkin karena bisa dikatakan berada ditengah kota Jember mas, sehingga keberadaan anak-anak ini jauh dari perhatian", kata Subagio menambahkan.

Dari rencana ada 15 anak yatim yang akan dihadirkan, namun ternyata 3 anak yang lainnya masih berada di sekolah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, "tadi tetangganya menyampaikan ke saya tidak bisa hadir sore ini mas", kata Indri. "Anak-anak ini sesekali waktu memang kami kumpulkan dirumah, saat keluarga besar saya ada santunan mereka kami kumpulkan, kami berharap dari Lazismu Jember juga kita terus bersinergi bersama untuk membantu para yatim dhuafa", kata Indri yang sebelumnya mengenal Lazismu Jember justru dari koleganya di Surabaya.

Bagus Qomaruzaman selaku anggota Majlis Pelayanan Sosial (MPS) PDM Jember sangat mengapresiasi sinergi yang diharapkan terus terjalin dalam aksi nyata untuk yatim dhuafa ini, "Ini merupakan kegiatan yang positif bu, kami dari MPS dan Lazismu Jember tentu akan sangat senang apabila sinergi ini bisa berkelanjutan, anak yatim yang terdata semoga segera bisa kami tindak lanjuti karena program dan kegiatan MPS dan Lazismu sangat besar irisannya, setelah ini kami juga akan merencanakan untuk menyantuni keluarga muallaf dari yogyakarta yang saat ini tinggal di Jember", katanya menjelaskan.

Team Majlis Pelayanan Sosial (MPS) bersama Lazismu Jember dan didukung oleh Mahasiswa dari PK. IMM Unej  setelah melakukan pendataan inventarisir anak yatim dhuafa dan memberikan santunan berupa bingkisan makanan sehat, selanjutnya sore itu juga kegiatan dilanjutkan dengan menyantuni keluarga muallaf dari Jogja yang saat ini tinggal di Jember, namun demi kebaikan bersama, untuk saat ini laporan terkait keluarga muallaf sengaja tidak dilaporkan dalam postingan ini

Saudaraku para DERMAWAN, si-Yatim tidak hanya hidup sehari, mereka perlu uluran tangan kita, mari bersinergi bersama Lazismu Jember.org bisa TRANSFER ke:

 Bank Syariah Mandiri (BSM) Jember
Norek: 7011737368 (Zakat)
Norek: 7011737352 (Infaq)
Norek: 7011867671 (Kemanusiaan)
an. Lazis Muh. Jember


Bagi yang telah Transfer bisa Silahkan konfirmasi ke HOTLINE LAZISMU JEMBER melalui: SmS/WA ke: 081232000995

Untuk Layanan Jemput Donasi (Seputaran Jember Kota):
Sutarman: 0822-3014-3354
Agus: 0812-3179-8356
Dedi: 0822-5777-3188
Rodi: 0822-3467-8055
Irul: 0852-5880-5309
Kamiludin: 0852-5723-8205


Bersama Bagus Qomaruzzaman anggota MPS PDM Jember
Bersama Bagus Qomaruzzaman anggota MPS PDM Jember
Indri menjelaskan tentang kondisi anak yatim dhuafa binaannya
Indri menjelaskan tentang kondisi anak yatim dhuafa binaannya
Team bersemangat menuju lokasi santunan
Team bersemangat menuju lokasi santunan
Lokasi santunan kepada keluarga muallaf
Lokasi santunan kepada keluarga muallaf

Santunan Yatim Dhuafa di Pinggir Sungai Bedadung Santunan Yatim Dhuafa di Pinggir Sungai Bedadung Reviewed by LAZISMU Jember on 15.23.00 Rating: 5