Ngaji Bareng Majelis Tabliq: "Mbecak Jalan Terus, Sholat Tak Boleh Putus"

Berpose bersama setelah ngaji bareng Majlis Tabliq PDM Jember
Berpose bersama setelah ngaji bareng Majlis Tabliq PDM Jember

Jum'at (19 Mei 2017) siang setelah sholat Jum'at berlangsung, kantor Lazismu Jember kembali didatangi sekitar sebelas Abang Becak dengan atribut lengkap nan ciamik khas Lazismu, mereka hadir secara beriringan datang silih berganti tanpa dikomando lagi, ada yang baru tampak turun dari masjid dengan kopiah dan surban yang diselendangkan, dan banyak pula yang menggunakan "seragam kerja" mereka yang tampak sangat sederhana, apa adanya, namun tetap ceria, begitu tampak diwajah mereka, bahkan saat mereka datang satu sama lain saling bertegur sapa, bersalaman dan melempar canda, pun demikian kepada Team Lazismu Jember dan Relawan MDMC yang menyambut kedatangan mereka dengan ramah.

Ya, Jum'at siang ini merupakan edisi ke-2 Lazismu Jember mengumpulkan para Abang Becak binaannya, dan saat ini mereka akan diajak Ngaji Bareng Majlis Tablig PD. Muhammadiyah Jember yang dihadiri oleh Ust. Lagani Siompo Al-Hafidz, pengasuh Pondok Tahfidz Universitas Muhammadiyah Jember, sedangkan panitia pelaksana dan pemandu acara dilaksanakan sepenuhnya oleh Relawan MDMC (Muhammadiyah Disaster Managemen Center) Kab. Jember.

Kesebelas Abang Becak ini duduk rapi dan begitu khidmat dan antusias mendengarkan ceramah dari Ustad Tahfidz yang berasal dari Bau-Bau Maluku ini, dalam salah satu tausiahnya beliau menyampaikan, "Kita hidup harus banyak bersyukur pak, karena dengan bersyukur Allah akan tambah nikmat kita, namun jika kita ingkar ingatlah siksa Allah sangat pedih, bersyukur tidak sekedar saat kita memperoleh rejeki banyak atau harta melimpah, namun dengan kesehatan yang kita miliki saat ini, itu merupakan rizki terbesar yang telah Allah SWT anugrahkan kepada kita semua", katanya. "Coba kita bayangkan, apa gunanya harta melimpah, rizki banyak namun kita hanya berbaring sakit ditempat tidur? semua kenikmatan dunia itu menjadi tidak ada gunanya kan? Bapak-bapak ini ingin rizki Banyak tapi sakit atau sehat namun rizki sedikit?" tanya Ustad Lagani lagi.

"Yang penting sehat Ustad", jawab sebagian besar peserta, namun Ustad Lagani dengan candanya menjawab, "Lebih enak sehat dan rizki banyak pak.... hehehe...".

"Yaa... sama kalau begitu Ustad.... ha..ha..haa", jawab Dadang salah seorang Abang Becak yang duduk disebelah Ust. Lagani sambil tertawa lepas. 

Kajian siang itu begitu hangat dan tampak bersahabat, apalagi Ustad Lagani sesekali melontarkan joke-joke segar untuk membuyarkan tatapan kosong para abang becak, sehingga keakraban semakin terasa di majelis itu, "Ngaji itu gak perlu banyak-banyak pak, yaa?? yang penting dipahami dan dilaksanakan, tadi sudah sholat Jum'at kan?", tanya Ustad Lagani lagi. "Sudah Ustad!", jawab mereka kompak.

"Nanti kalau ada yang belum sholat, mulai dari kajian ini harus sholat ya? Mbecak jalan terus, sholat tidak boleh putus", "Tapi kalau ada dari jamaah Abang Becak Binaan Lazismu Jember ini yang tidak sholat karena bajunya najis, pakaiannya najis, atau tidak punya sarung, nanti ngomong sama mas Kamil ini ya? biar Lazismu Jember yang belikan, bukan begitu mas?" tanya Ustad sambil melempar senyum kepada Khamil selaku perwakilan dari Lazismu Jember yang saat itu ada disamping beliau, yang selanjutnya dengan sigap dijawab, "Siap pak, nanti akan kami upayakan, asalkan setelah diberi sarung, wajib hukumnya untuk sholat ya?"

"Nah, ini sudah ada janji dari Direktur Lazismu Jember ya...", kata Ustad Lagani, "Jadi silahkan sholat di masjid mana saja, saat adzan berkumandang langsung ke masjid, kalau perlu mandi-mandi dulu di masjid juga boleh, jadi kalau sudah dapet sarung lalu tidak mau sholat, nah ini yang dosa ya?" katanya lagi mengingatkan 

Selanjutnya acara kemudian ditutup dengan doa bersama untuk jamaah majlis yang hadir maupun untuk para donatur/muzakki yang telah menitipkan amanah donasinya kepada Lazismu Jember, semoga diberi keberkahan dan kelapangan rizki dan kebahagiaan hidup didunia hingga akhirat, Aamiin.

Seperti pertemuan sebelumnya, begitu acara ngaji bareng sekitar 1 jam itu selesai, selanjutnya para Abang Becak diberi santunan sembako berisi beras, gula dan minyak goreng untuk dibawa pulang bagi keluarga dirumah serta satu kotak makan siang.

Dan kepada seluruh DONATUR/MUZAKKI yang ingin secara Khusus diperuntukan bagi Santunan Abang Becak Lazismu Jember Silahkan Bisa dipilih beberapa cara dibawah ini:

1. Donasi Langsung:
Donasi bisa disalurkan langsung ke Kantor Lazismu Jember
Jl. Bondoyudo 11 Jember.

2. Transfer Donasi:
Transfer ke rekening
BSM: 7011737352
an.Lazis Muh. Jember
(Tambahkan angka+11, saat transfer)

Atau Konfirmasi SMS atau WA ke0812 3200 0995

3. Layanan Jemput Donasi:
Ghifar: 0821 4172 1226
Sutarman: 0822 3014 3354
Dedi: 0822 5777 3188
Agus: 0822 1406 9478
_____________________
Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak/Ibu/Saudara yang telah memberikan kepercayaannya kepada Lazismu Jember

Semoga amal Bapak/Ibu/Saudara diganti oleh Allah dengan balasan yang lebih baik. Aamiin.


Tiada Henti Memberi untuk Negeri. 

Ngaji Bareng Majelis Tabliq PDM Jember
Ngaji Bareng Majelis Tabliq PDM Jember

Ngaji Bareng Majelis Tabliq: "Mbecak Jalan Terus, Sholat Tak Boleh Putus" Ngaji Bareng Majelis Tabliq: "Mbecak Jalan Terus, Sholat Tak Boleh Putus" Reviewed by LAZISMU Jember on 07.09.00 Rating: 5