Sedekah Kaget 99 Pemulung di TPA Pakusari

Salah satu sudut dimana tempat para pemulung mencari nafkah
Salah satu sudut dimana tempat para pemulung mencari nafkah

Baju lusuh, menjadi ciri khas mereka
Namun tampak semangat dari wajah yg tampak pudar ditelan usia
Sebagian besar kaum hawa
Panas, hujan, sahabat mereka bekerja
Dan bau-bau menyengat tak lagi dirasa...

Tumpukan sampah bukanlah fatamorgana ,
Benar-benar nyata, betul-betul ada,
sampah itulah "emas permata" 

Tanah menggunung bukanlah pasir,
Namun sampah yang telah mengering,

Tiada ruang bersih dengan pencahayaan yang terang
Tak ada meja kursi dan ac terpasang

Namun cukuplah...
Tenda-tenda berdiri bukan untuk camping,
Namun cara mereka berteduh melindungi tubuh yang kurus kering.

Karena hanya disana mereka mengais-ngais rejeki,
Karena disitu, ada tuntutan keluarga  yang harus mereka nafkahi,
Kotor bisa jadi, namun halal itu pasti 

Begitu sedikit gambaran pemulung yg berada di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Pakusari, yang pada hari sabtu, 17 Juni 2017, dimulai dari jam14.00 hingga menjelang berbuka puasa Team Lazismu Jember bersama IMM Univ. Jember dan Relawan Kesehatan dari IMM berbagi kebahagiaan, dalam bentuk kegiatan melakukan pemeriksaan kesehatan, pembagian sembako dan nasi buka puasa dari donatur @bebek_mbeling untuk sebanyak 99 Pemulung disana.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dalam suasa dan lingkungan yang sederhana di sekitar lokasi TPA, pembukaan dimulai oleh Direktur Lazismu Jember, Abdul Khamil yang menyampaikan bahwa: "Terima kasih disampaikan atas sambutan yang luar biasa baik dari pihak pengelola TPA yang mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Bapak Arismaya, dan para saudara kami pemulung disini, kami hadir bersama rekan-rekan Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jember akan berbagi sedikit kebahagiaan, pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, sembako dan paket berbuka puasa, semoga kedepan kegiatan ini menjadi awal kegiatan-kegiatan kami selanjutnya, semoga kami bisa terus bersinergi dengan Mahasiswa-Mahasiswi IMM ini untuk kembali menyapa disini dan terus berbagi kebahagiaan secara berkala, InsyaAllah".

Selain itu, Khamil menyampaikan bahwa dari laporan team IT Lazismujember.org sebenarnya pak Kepala Dinas sangat mendukung kegiatan ini, bahkan beliau di agenda Fanspage Lazismu Jember jika tidak ada halangan akan turut serta menghadiri, namun dukungan itu sudah luar biasa bagi seluruh team yang hadir saat ini.

Dalam kesempatan lainnya Mahfud selaku Koordinator TPA Wilayah Pakusari menyampaikan sambutannya dengan terharu, karena disampaikannya, "Kami sangat berterima kasih, ini adik-adik Mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang bersama Lazismu Jember mau hadir ditempat yang bisa jadi paling hina di jember paling kumuh di Jember, di TPA ini, sangat jarang yang peduli dengan keberadaan pemulung disini, kehadiran anda semua, sebuah kebahagiaan bagi kami, dan saya sampaikan permohonan maaf apabila pelayanan yang kami berikan belum memuaskan dan sarana yang ada belum optimal untuk mendukung kegiatan, kami tentu senada dengan pak Direktur Lazismu berharap agar secara berkala adik-adik Mahasiswa bisa hadir kembali, sapalah mereka, yang mereka menggantungkan hidupnya dengan sampah".

Selanjutnya, setelah pembukaan satu persatu agenda kegiatan segera digelar, dimulai dari pemeriksaan kesehatan, sekaligus pembagian masker yang telah melakukan pemeriksaan dan rekap medis sederhana, selanjutnya kegiatan dilanjutkan pembagian sembako dan nasi kotak untuk berbuka puasa dari RM. Bebek Mbeling.

Semoga Allah SWT, melipatgandakan pahala, keberkahan, kebahagiaan, & Rizki kepada seluruh donatur Lazismu Jember berserta keluarganya di manapun berada.

Karena kita tidak pernah tahu,
Bisa jadi dari tumpukan sampah yg menggunung ini,
Terucap sekecap doa yg menembus langit ketujuh.

Dan kami dari pihak Lazismu Jember tentu sangat berbahagia apabila para Donatur bisa turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang akan kami laksanakan di bulan Ramadhan 1438 H ini, seperti dalam agenda Semarak Ramadhan 1438H lazismu Jember.

Donasi dapat berupa barang (nasi kotak, kurma, air mineral, minuman kemasan, sarung, mukenah, Kitab Al-Qur'an dan lain sebagainya) ataupun berupa dana, yang bisa disampaikan langsung ke kantor Lazismu Jember, Jl. Bondoyudo No.11 Jember ataupun Transfer ke:

Bank Syariah Mandiri (BSM) Jember
Norek: 7011737368 (Zakat)
Norek: 7011737352 (Infaq)
an. Lazis Muh. Jember


Bagi yang telah Transfer bisa Silahkan konfirmasi ke HOTLINE LAZISMU JEMBER melalui: SmS/WA ke: 081232000995

Untuk Layanan Jemput Donasi (Seputaran Jember Kota):
Ghifar: 0821-4172-1226
Sutarman: 0822-3014-3354
Agus: 0812-3179-8356
Dedi: 0822-5777-3188
Rodi: 0822-3467-8055
Irul: 0852-5880-5309
Kamiludin: 0852-5723-8205


Penyerahan secara simbolik bantuan sembako kepada para pemulung
Penyerahan secara simbolik bantuan sembako kepada para pemulung
Penyerahan secara simbolik bantuan sembako kepada para pemulung
Penyerahan secara simbolik bantuan sembako kepada para pemulung

Sedekah Kaget 99 Pemulung di TPA Pakusari Sedekah Kaget 99 Pemulung di TPA Pakusari Reviewed by LAZISMU Jember on 23.50.00 Rating: 5