Bedah rumah pasien TB di Silo

Rumah pasien TB yang telah dibedah oleh team Lazismu Jember
Rumah pasien TB yang telah dibedah oleh team Lazismu Jember bersama ketua PR. Muhammadiyah Silo

Silo, 21 Oktober 2017 Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Jember hadir ditengah keterpurukan Tn. Tohari (75 Th) warga Dusun Krajan RT 01 RW 02 Desa Sempolan Kecamatan Silo Jember. Dalam kesehariaanya, Tn. Tohari hidup sebatangkara dengan rumah yang tidak layak huni. Untuk makan sehari-hari dia dibantu oleh saudara dan tetangga sekitar dan terkadang menjadi kuli angkut di pasar Sempolan-silo. 

Saat ini Tohari sedang menderita TB Paru, dia adalah pasien binaan TB Care Aisyiyah Jember yang didampingi oleh kader TB Care Aisyiyah Kecamatan Silo saudari Fitrianingsih. Setiap satu minggu sekali, Ibu Fitri rutin mengambilkan obat TB di Puskesmas 1 Silo serta mengawasi pengobatan Tn. Tohari.

Kunjungan Lazismu kali ini adalah dalam rangka realisasi program Bedah Rumah 2017 bersama Majelis Pembina Kesehata Umum (MPKU) PD Muhammadiyah Jember, Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PD Muhammadiyah Jember, PD Aisyiyah Jember dan PD Pemudah Muhammadiyah Jember.

“Kami menerima laporan dari rekan-rekan Pemuda Muhammadiyah Jember dan TB Care Aisyiyah yang pada bulan lalu blusukan kesini. Kami dilaporkan bahwa Tn. Tohari ini sangat mendesak untuk dibuatkan rumah yang layak huni karena mengingat kondisi kesehatannya yang memerlukan lingkungan perawatan yang sehat. Oleh karena itu, sekarang kami hadir untuk merenovasi rumah Tn. Tohari ini agar layak untuk dihuni. Program ini adalah amanat dari para donatur Lazismu Jember, semoga kedepan Lazismu semakin dipercaya oleh masyarakat sehingga target kami program bedah rumah ini semakin luas sasarannya” terang Abdul Khamil, S.Si.,S.Sos (Direktur Lazismu Kabupaten Jember)

Tohari, selaku penerima bantuan mengaku terharu bahagia karena masih ada yang perduli terhadap kondisnya saat ini. “Mas mander egenteknah se lebbi rajeh sareng Allah, kaule tak oning koduh ngocak napah, intinah kasoon se bennyak Lazismu Jember” atau “Mas semoga Allah mengganti yang lebih banyak. Saya tidak tahu harus bicara apa mas, intinya terimakasih yang banyak Lazismu Jember” ucap Tn. Tohari.

Sementara itu, Nata Hadi Negara (Sekretaris Desa Sempolan) mengatakan “Kami selaku pemerintah Desa Sempolan mengucapkan terimakasih banyak atas partisipasi Lazismu Jember dan TB Care Aisyiyah Jember karena telah membantu warga kami Tn. Tohari. Kami menyambut baik atas program bedah rumah ini, semoga kedepan kami bisa tetap bersinergi dengan Lazismu Jember dan TB Care Aisyiyah khususnya tentang penanggulangan penyakit TBC di Desa Sempolan”

Selanjutnya serah terima progaram bedah rumah ini dilaksanakan pada hari Senin, 23 Oktober 2017 bersama Pemuda Muhamadiyah Jember, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Silo, Jajaran Pemerintah Desa Sempolan serta Kader TB Care Kecamatan Silo. 

Ada banyak lagi masyarakat yang nasibnya tidak lebih beruntung dari Hotip, pasien TB (Tubercolosis) yang tinggal diruamh yang nampak kurang layak, bahkan ada beberapa diantaranya tinggal berdesakan bersama keluarga besarnya. 

Mari kami ingin mengetuk hati para DERMAWAN, sedikit kebaikan anda suatu kebahagiaan yang tiada ternilai harganya.

Donasi Transfer bisa disampaikan melalui Nomor Rekening:

Bank Muamalat Indonesia (BMI)0115862973
Bank Syariah Mandiri (BSM)7011737352
Bank Jatim Syariah: 6132010401
BNI Syariah: 0171899726


an. Lazismu Jember (Infaq)

Konfirmasi Donasi Silahkan kirim ke WA Center: 081232000995

Memulai bedah rumah pasien TB di Silo
Memulai bedah rumah pasien TB di Silo

Bedah rumah pasien TB di Silo Bedah rumah pasien TB di Silo Reviewed by LAZISMU Jember on 15.34.00 Rating: 5