Pembangunan Masjid Tiang Sewu AsSholihin Cakru

PEMBANGUNAN MASJID TIANG SEWU ASSHOLIHIN CAKRU*)

Gotong royong mengecor lantai 2 Masjid Assholihin Cakru
Gotong royong mengecor lantai 2 Masjid Assholihin Cakru

Masjid merupakan rumah ibadah  ummat Islam, yang memegang peran penting dalam aktivitas keagamaan, sosial kemasyarakatan, dan pusat peradaban.

Berangkat dari hal tersebut, Takmir Masjid Assholihin Cakru yang diketuai oleh Bapak Drs. Ali Murti,  memaksimalkan fungsi masjidnya dengan mengadakan pembangunan ulang masjid yang telah berusia 45 tahun. 

Masjid Assholihin yang terletak di Jalan KH Hasyim No 10 Dusun Krajan, Desa Cakru, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebagai salah satu amal usaha Ranting Muhammadiyah Cakru, yang  dibangun di atas lahan tanah wakaf dengan luas 1.857 m persegi dan telah bersertifikat  atas nama 
Persyarikaran Muhammadiyah, mengharapkan dapat menjadi pusat dakwah Islam dan pusat peradaban masyarakat.

Pembangunan Masjid Assholihin ini dilakukan di karenakan  melihat kondisi masjid secara  fisik disana sini  banyak mengalami kerusakan, serta kapasitas daya tampung masjid tidak memadahi lagi, dikarenakan di sekitarnya ada 3 lembaga pendidikan amal usaha Muhammadiyah di antaranya MI Muhammadiyah 01 Cakru, SMP  Muhammadiyah 8 Cakru, dan SMK Muhammadiyah 5 Cakru yang menerapkan FDS (Five Day School), sehingga dalam pelaksanaan Ibadah sholat Dhuhur dan Ashar daya tampung masjid tidak memadai.

Masjid ini dirancang oleh seorang arsitek Bapak Arif Rahman Hakim ST,  yang merupakan kader Muhammadiyah. Bangunan lama yang semula berlantai satu sekarang dirancang menjadi lantai 3 dengan luas bangunan 19x19 m yang memiliki daya tampung 1.000 jamaah, dengan target waktu pelaksanaan pembangunan selama 3 tahun akan terselesaikan, dengan rencana  anggaran sebesar Rp 2.835.528.000,-, 

Bangunan ini disamping sebagai tempat ibadah,  dilengkapi pula dengan ruang perpustakaan,  ruang perkantoran, ruang pendidikan, ruang multi media, ruang kesehatan dan kamar istirahat.

Pembangunan ini telah dimulai dari tanggal 22 Februari 2018,  peletakan batu pertama secara simbolis dilaksanakan  oleh Bapak H. Kusno, M.Pd.I, selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Jember, hingga memasuki hari ke 70 bisa dilaksanakan pengecoran  lantai 2, dan In Sya Allah target  pengecoran  lantai 3 akan dilaksanalan pada pertengahan bulan Ramadhan tahun ini." ujar Bapak Drs. Bambang Adam  Malik selaku sekretaris panitia. 

Dana pembangunan masjid ini berasal dari swadaya masyarakat dan donasi dari putra  daerah  yang berada di rantau, juga para dermawan yang mengetahui adanya pembangunan ini melalui media sosial dan internet. 
Yang menjadi kendala saat ini yang dialami oleh panitia adalah masih menipisnya anggaran.

Dalam proses pengerjaan pembangunan ini seluruh lapisan  masyarakat tidak mengenal status sosial, ekonomi, maupun golongan, tua maupun muda, mereka menyatu menjadi satu kekuatan utuh yang luar biasa, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan pengecoran lantai 2 yang diikuti oleh 350 warga masyarakat mampu melaksanakan pengecoran dalam waktu 5 jam yang semula direncanakan 8 jam. Pengecoran ini telah dilaksanakan pada hari Ahad (1/4/2018).

Tidak ketinggalan pula Bapak Bambang Iswoto, SP.  Selaku kepala Desa Cakru,  dan Bapak Ir. H. Sujono selaku Camat Jombang dan beberapa personal Pimpinan Ranting Muhammadiyah Cakru, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cakru, dan  tokoh masyarakat yang lainnya membaur menjadi satu ikut berpartisipasi menjadi relawan.

Pelaksanan pembangunan inipun tidak bisa terlepas dari peran ibu-ibu jama'ah pengajian 'Aisyiyah yang merupakan binaan masjid Assholihin yang begitu semangat sejak dini hari telah rela meluangkan waktu dan tenaganya menyediakan konsumsi untuk pekerja dan relawan setiap harinya secara bergiliran.

Pihak panitia Pembangunan Masjid Assholihin 
masih berharap kerelaan para dermawan,  untuk menyalurkan infak atau sodakohnya demi suksesnya Pembangunan Masjid Tiang Sewu Assholihin Cakru Kencong Jember sebagai Investasi Akhirat.
Donasi selengkapnya klik link
http://bit.ly/investasiCAKRU

*)Penulis: Nafida NH (Mahasiswa SAINTEK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Mengecor lantai 2 Masjid Assholihin Cakru
Mengecor lantai 2 Masjid Assholihin Cakru
Tiang-tinag pancang untuk proses pengecoran lantai 2 masjid
Tiang-tinag pancang untuk proses pengecoran lantai 2 masjid

Pembangunan Masjid Tiang Sewu AsSholihin Cakru Pembangunan Masjid Tiang Sewu AsSholihin Cakru Reviewed by LAZISMU Jember on 21.11.00 Rating: 5