Bagaimana Caranya Menghilangkan Rasa Malas?

Ilustrasi : Malas
(sumber lifestyle.kompas.com)

1. Belajar untuk melakukan sesuatu yang produktif (tapi menyenangkan) di waktu luangmu.
Temukan minat baru atau lakukan hobimu. Buatlah aktivitas yang terstruktur. Dengan begitu, kamu akan selalu bisa produktif dan menyibukkan diri. Selain itu, kamu juga sekaligus bisa mengembangkan minatmu dan keahlianmu.

2. Lakukan semua tugasmu sekarang juga.
Kalau kamu punya banyak tugas dengan deadline yang menanti, jangan ditunda sampai kamu benar-benar merasa terdesak. Segera kerjakan sekaran selagi pikiranmu terhadap tugas tersebut masih jernih-jernihnya.

3. Hentikan menunda sekarang juga.
Kamu harus paham betul tentang apa yang membuatmu menunda pekerjaan dan ambil tindakan untuk menyingkirkannya. Kalau kamu menunda pekerjaan dengan chatting bersama temanmu, maka singkirkan ponselmu jauh darimu saat kamu sedang bekerja.

4. Paksa dirimu untuk selalu tepat waktu.
Kalau kamu sudah merencanakan akan mengerjakan sesuatu pada siang hari, maka mulai lakukan di saat siang hari yang kamu tentukan itu. Jangan memaklumi untuk memulai 30-45 menit setelah waktu yang kamu tentukan. Berlatihlah untuk menjaga komitmen diri lewat rencana jadwal yang kamu tetapkan.

5. Buat jadwal untuk khusus bekerja dan beristirahat atau bersenang-senang.
Manusiawi dan alami kok kalau kamu harus beristirahat dari pekerjaan, tapi pastikan bahwa semua jadwal ada batas pastinya. Misalnya, kamu bisa berkomitmen untuk kerja selama 50 menit tiap jam, kemudian beristirahat selama 10 menit.

6. Just do it! Lakukan saja sekarang, tanpa banyak alasan!
Rasa malas itu memang gak ada obatnya. Namun bukan berarti gak bisa disembuhkan. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan memfokuskan pikiranmu pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu dan sesegera mungkin menyelesaikannya. Miliki lah kedisiplinan diri.

7. Biasakan dirimu dengan semua itu.
Sesuatu yang gak terbiasa memang akan terasa berat di awal, tapi dari membiasakan diri, lama-lama akan terbiasa dan mengalir begitu saja. Bertahanlah terus melakukannya selama paling tidak 22 hari, maka kamu akan menjadi jauh lebih rajin tanpa kamu sadari.

Sumber : idntimes.com

Ingin berbagi untuk sesama? Klik Disini
Bagaimana Caranya Menghilangkan Rasa Malas? Bagaimana Caranya Menghilangkan Rasa Malas? Reviewed by Lazismu Jember on 22.11.00 Rating: 5