Lazismu bantu pedagang kecil di tengah waspada corona



Suji (65) dan Fatkhur (57) merupakan pedagang kaki lima yang biasa mangkal didepan kantor Lazismu Jember. Tidak seperti hari-hari biasanya, akibat adanya himbauan pemerintah agar sebagian besar masyarakat untuk tinggal dirumah serta menghindari social distanding, menyebabkan penghasilannya sebagai pedagang turun drastis, "Bukan hanya berkurang separuhnya mas, tapi saya berharap bisa kembali modal saja sudah Alhamdulillah", begitu Suji menuturkan kepada team Lazismu Jember, ditengah-tengan dia duduk menunggu pelanggan yang biasa membeli air kelapa (degan).

Seirama dengan Suji pedagang es kelapa muda/ degan, Fatkhur juga menyampaikan hal yang senada, "sekarang makin sepi mas, di awal-awal liburan anak sekolah kemaren saya sempat harus merugi, karena tidak mengetahui jika banyak yang akan diliburkan, apalagi sekarang, dengar-dengarnya sih banyak karyawan dan PNS yang libur mas, jadinya hanya berharap dari ojol yang biasa menerima pesanan, itupun juga sudah sangat jarang", begitu kata Fatkhur. "Tapi mau bagaimana lagi mas, saya tetap harus keluar rumah, saya sendiri sebenarnya juga takut tertular virus, tapi saat ini saya lebih takut keluarga tidak bisa makan", katanya dengan sedikit berkaca-kaca.

"Mungkin bukan hanya mereka berdua yang mengalami hal demikian, ada banyak bahkan ribuan pedagang kaki lima ditempat lain yang juga merasakan hal yang sama, oleh karena itu Lazismu Jember juga turut serta sedikit meringankan beban dari para pekerja disektor informal ini untuk tetap bisa bertahan hidup, karena sedikit atau banyak, mereka merasakan langsung dampak dari pandemik corona ini", begitu kata Abdul Khamil selaku Kepala Kantor Lazismu Jember.  

Saudaraku para dermawan dimanapun berada, kita semua saat ini  memang dalam kondisi yang sam-sama khawatir, takut, was-was dan senantiasa banyak diantara kita yang mungkin juga harus tidak mencari nafkah untuk kebutuhan keluarganya. Namun tetaplah optimis badai corona ini akan cepat berlalu dan segera kehidupan bisa berjalan dengan lebih baik. 

Namun mari kita tetap ikuti anjuran dari pemerintah agar lebih banyak berdiam diri dirumah, menghindari kumpul-kumpul / social distancing, serta turut serta mendoakan mereka yang berada digarda terdepan perang melawan pandemik covid-19 / corono ini agar senantiasa sehat, kuat dan mampu menjaga kita semua, hingga virus ini benar-benar bisa hilang dan kehidupan bisa berjalan normal kembali.


Suji (65) tetap berjualan meskipun kini pembeli sangat sepi

Lazismu Jember hadir memberikan semangat & motivasi mereka untuk selalu bersabar dalam mencari nafkah. "Sesungguhnya cobaan yang diberikan oleh Allah merupakan ujian bagi manusia yang beriman kepadaNya". Selain itu, Lazismu Jember memberikan beras & paket bingkisan berupa produk makanan kaleng bergizi (Kornet, Rendang, dan juga soto-rawon). Jika ingin berpartisipasi, silahkan donasikan sekecil rupiah anda. Mari tebar manfaat untuk sesama.
__________________________
Transfer Donasi:
Bank Syariah Mandiri (BSM)
Norek: 7011737352
an. Lazis Muhammadiyah-IS
__________________________
Layanan jemput & hitung zakat
Wa/SMS 08113669188 (Hotline Lazismu Jember)
Lazismu bantu pedagang kecil di tengah waspada corona Lazismu bantu pedagang kecil di tengah waspada corona Reviewed by Lazismu Jember on 23.49.00 Rating: 5