Lazismu Jember Distribusi Beras ke 17 Masjid se-Kab. Jember

Apel pasukan pendistribusian sembako tahap I ke Lumbung Pangan
Apel pasukan pendistribusian sembako tahap I ke Lumbung Pangan

Rabu, 15 April 2020 Lazismu Jember mendistribusikann sebanyak 1.210 kg beras, masker sebanyak 170 buah, sabun cair 8 buah ke 17 Masjid se-Kabupaten Jember yang telah bersinergi dan berkomitmen membentuk Lumbung Pangan Berbasis Masjid bersama Lazismu Jember.

Barang-barang tersebut merupakan hasil penggalangan dari para donatur Lazismu Jember bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Aisyiah Kab. Jember dan Koperasi As-Shakinah, serta dibantu juga distribusinya oleh pasukan KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) PD. Pemuda Muhammadiyah Jember, yang selanjutnya pada tahap I ini didistribusikan kepada sebanyak 17 masjid yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kab. Jember.

"Ini merupakan komitmen awal dari Lazismu Jember untuk mensupply kebutuhan Lumbung Pangan Berbasis Masjid yang telah digagas bersama masjid-masjid yang berkenan bersinergi bersama, yang selanjutnya diharapakan semua masjid bisa terus melakukan penggalangan sebanyak-banyaknya serta melakukan pendataan para sasaran yang paling rentan secara ekonomi terdampak terhadap adanya pandemi corona (covid-19) dari segi pangan dan masalah ekonomi lainnya", begitu Abdul Khamil selaku Kepala Kantor Lazismu Jember mengatakan.

"Selama ini masjid sebagai pusat pelaksanaan ibadah ritual ummat Islam diharapakan bisa juga menjadi solusi dalam masalah-masalah ekonomi dan sosial ummat, sehingga ketika jamaah ada yang mendesak untuk segera dibantu dan ditolong secara ekonomi, diharapkan elemen terdekat yaitu masjid bisa segera hadir membantu dan memberi solusi, karena pandemi corona ini akan berdampak secara ekonomi global, akan banyak masyarakat yang mengalami kesusahan dan kelaparan jika pandemi ini tidak segera berakhir. Sektor-sektor ekonomi dibatasi pergerakannya, aktivitas manusiapun juga harus dibatasi, tentu hal ini akan sangat memukul banyak pekerja disektor informal untuk tetap bertahan hidup", begitu lanjutnya.  

Khamil juga menekankan pentinganya tetap menjaga dan mensosialisasikan phisycal / social distancing kepada masyarakat, dan dalam program Lumbung Pangan Berbasis Masjid ini diharapkan sosialisasi bisa turut serta disampaikan oleh petugas/ takmir masjid kepada masyarakat sekitar, serta dalam penyaluran sembako yang telah disiapkan bukannya mengundan penerima ke masjid, akan tetapi menyerahkan langsung kerumah-rumah warga yang terdampak secara ekonomi, "disinilah peran besar masjid untuk benar-benar menetukan dan mempersiapkan team dilapangan yang bisa bergerak secara cepat dan tepat pada sasaran dimulai dari yang terdekat dengan masjid itu sendiri", ujarnya lagi. 

Masjid akan menjadi pusat solusi ummat, setidaknya menjadi awal kesadaran bagi masyarakat untuk secara bersama-sama saling bahu membahu, tolong menolong dengan sesama agar bisa menghadapi dampak ekonomi dari pandemi corona ini dengan lebih baik, karena dari berbagai informasi yang ada diperkirakan pandemi ini berakhir dibulan Juli 2020 dan bahkan yang mengerikan bisa jadi puncaknya dibukan Agustus atau September dan baru berakhir di awal tahun 2021. Apapun analisanya, seharusnya bisa menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat sebelum kemungkinan terburuk datang, mari bersama-sama mempersiapkan diri sebaik-baiknya. 

Serah terima bantuan disalah satu masjid sinergi Lazismu Jember
Serah terima bantuan disalah satu masjid sinergi Lazismu Jember

Semakin banyak donasi yang diterima oleh Lazismu Jember, tentu akan semakin banyak penerima manfaat yang akan memperoleh donasi ini, melalui distribusi yang serentak dan menyebar dilakukan oleh team di masjid-masjid yang bersinergi dg Lazismu Jember dalam program Lumbung Pangan Berbasis Masjid.

Saat ini masih ada 17 masjid yang menerima distribusi sembako tahap-I, Titik-Titik Masjid akan terus dupdate dan ditambahkan, termasuk jangkauan pemerataan masjid diseuruh Kecamatan se-Kab. Jember serta data Orang Dalam Sasaran (ODS) yang saat ini masih 821, juga akan terus di update dari masing-masing masjid dan diurutkan bantuannya sesuai skala prioritas yang ada dilapangan.

Barcode Donasi Lazismu Jember menerima dari Link-Aja, Dana, OVO , Go Pay dll
Barcode Donasi Lazismu Jember menerima dari Link-Aja, Dana, OVO , Go Pay dll

Pastikan anda menjadi bagian donatur kami, 
"Sekecil kedermawanan anda, sangatlah bermanfaat bagi yang membutuhkan".
Cara donasi?
__________________________
Transfer melalui :
Bank Syariah Mandiri (BSM)
Norek: 7011737352
an. Lazis Muhammadiyah-IS
__________________________
atau Layanan jemput donasi hubungi
Wa/SMS 08113669188 (Hotline Lazismu Jember)

Lazismu Jember Distribusi Beras ke 17 Masjid se-Kab. Jember Lazismu Jember Distribusi Beras ke 17 Masjid se-Kab. Jember Reviewed by Lazismu Jember on 4/17/2020 01:09:00 PM Rating: 5