Bantu Penggalangan Dana Jembermu Podcast




Dakwah kekinian dan trendi menjadi perhatian khusus bagi pegiat dakwah termasuk Muhammadiyah. Utamanya karena Muhammadiyah mengusung gerakan mencerahkan dan berkemajuan. Di zaman yang serba modern ini, Muhammadiyah dituntut untuk adaptif dan mampu mengelaborasi setiap perkembangan zaman lebih-lebih pada bidang teknologi-informasi. Hal ini tentu, agar pesan-pesan keislaman dapat tersampaikan dengan optimal.

Menjawab tantangan itu, Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Daerah Muhammadiyah (LDK-PDM) dan Lembaga Informasi dan Komunikasi (LIK-PDM) Kabupaten Jember berkolaborasi bersama Lazismu Jember berupaya fokus pada dakwah berbasis komunitas, yaitu Podcast. Dengan Podcast, dakwah dapat dikemas secara menyenangkan sehingga mampu memantik antusias subjek dakwah sehingga pesan dakwah dapat tersiar secara lebih optimal dan meluas.

Apa itu Podcast? Podcast merupakan berkas digital yang pendengarnya diharuskan terlebih dahulu mengunduh untuk bisa mendengarkan audio tersebut. Kenapa Podcast? Ada beragam kelebihan yang dimiliki Podcast, seperti:

Pertama, Aksesbilitas

Podcast berbeda dengan radio karena merupakan non-audio streaming. Ini berarti pendengar memiliki opsi untuk memutar ataupun mengulang podcast di manapun dan kapanpun mereka mau, seperti saat berolahraga, istirahat dan bahkan saat sedang bekerja.

Kedua, Kebebasan Kreatif

Berbeda dengan radio, di Podcast orang dapat membicarakan topik apapun dengan cara yang santai dan lucu. Podcast juga dapat menjadi ladang investasi berbiaya rendah, karena tidak memerlukan stasiun radio. Selain itu, pendengar juga bisa hanya mengunduh atau mendengarkan yang mereka minati saja.

Ketiga, Fleksibilitas

Keindahan podcast, kita dapat memiliki kebebasan untuk membuat penyesuaian serta berinovasi untuk menyempuranakannya untuk pendengar. Format podcast tidak harus melulu sama. Kita bisa mengubah durasi, subjek, hingga seberapa sering kita mempublikasikannya. 

Keempat, Ruang Lingkup

Podcast mampu menjangkau audiens yang lebih banyak. Kebebasan dari penyedia konten memberikan mereka kapabilitas untuk menyesuaikan selera pada segmentasi berbeda. Ketika, suatu personal menyukai konten yang mengandung politik maka membicarakan politik, di sisi lain orang lebih suka humor maka membahas humor.

Beragam kelebihan Podcast itu dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dakwah berkemajuan. Ladang dakwah yang strategis ini nantinya juga dapat digunakan oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Jember, guna menyampaikan dakwah pada segmentasinya masing-masing.

Kebutuhan anggaran untuk menyediakan peralatan Podcast, total senilai Rp. 56.000.000,00 (Lima Puluh Enam Juta Rupiah). Untuk itu, dibutuhkan kerelaan hati donatur dalam membantu penyediaan sarana dakwah berkemajuan ini. Tiap kali sarana dakwah ini digunakan untuk men-syiarkan agama Islam mudah-mudahan bernilai amal jariyah yang senantiasa mengalir pahala-pahala dari Allah Swt.

Perolehan sementara penggalangan dana Jembermu Podcast:

  1. Abdul Khamil, Rp. 50.000
  2. Wahyu Dyah Laksmi Wardhani, Rp 100.000
  3. NN, Rp 1.000.000
  4. Kas LDK (Lembaga Dakwah Khusus) PDM Jember, Rp 2.000.000
  5. Zulfa Agustina, Rp 100.000
  6. dr. Fitria, Rp 300.000
  7. Wahyu Widada, Rp 200.000

Total: Rp. 4.650.000

Mari berdonasi untuk penggalangan Jembermu Podcast melalui:


Bank Syariah Mandiri (BSM)
Norek: 7011737352
an. Lazis Muhammadiyah-IS


Bank Syariah Mandiri (BSM)
Norek: 7011737368
an. Lazis Muhammadiyah Zakat


Bank Muamalat Indonesia (BMI)
Norek: 7310061875
an. Lazismu Jember


Konfirmasi via Whatsapp: 08113669188




Bantu Penggalangan Dana Jembermu Podcast Bantu Penggalangan Dana Jembermu Podcast Reviewed by Lazismu Jember on 10/07/2020 09:38:00 AM Rating: 5