Khutbah Jum'at: Keutamaan Bersedekah


Mimbar Dakwah

Jum'at 28 Shafar 1442 H / 16 Oktober 2020 M

Khutbah Jum'at : Keutamaan Bersedekah


اسلاعليكم ورهمةالله وبركاته

إِنّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ


Hadirin Jama’ah Jum’ah Rohimakumulloh

Di hari jum’at yang mulia ini, marilah kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Alloh swt dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangan-Nya


Hadirin Jama’ah Jum’ah Rohimakumulloh

Pada khutbah jum’at kali ini adalah sedikit bahasan tentang Keutamaan Bersedekah.  Di dalam peribahasa ada ungkapan bahwa “tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah”. dan Perlu diketahui bahwa, tidak ada dalil al-Qur’an maupun Hadits yang menyatakan bahwa shodaqoh akan membuat kita menjadi miskin, namun sebaliknya shodaqoh akan menjadikan kita serba berkecukupan. Mengapa demikian? Karena Alloh SWT telah berjanji, barang siapa yang mau bershodaqoh maka akan dilipat gandakan sampai 700 x lipat.

Sebagaimana dikabarkan dalam sebuah hadits qudsi:


كلُّ عمَلِ ابْنِ آدَم لهُ الحَسَنَة بعَشْرِ أَمْثَالهِاَ إلى سبعُمِائَةِ ضِعْفِ قال عز و جل : إلا الصِّياَمَ فإنه لِي و أنا الذي أَجْزَي بِه


“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya”. (HR. Muslim).


Hadirin Jama’ah Jum’ah Rohimakumulloh

Perihal shodaqoh ini, ada sedikit cerita dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ahmad, yang Tatkala Allah menciptakan bumi, maka bumipun bergetar. Lalu Allah menciptakan gunung dan bumi pun hanya terdiam. Akhirnya para malaikat keheranan, kemudian para malaikat bertanya :

"Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada gunung?"

Allah menjawab : “Ada, yaitu besi”

Para malaikat bertanya lagi, “Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada besi?”

Allah menjawab, “Ada, yaitu api”

Para malaikat kembali bertanya : “Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada api?”

Allah menjawab, “Ada, yaitu air”

Para malaikatpun bertanya kembali : “Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada air?”

Allah menjawab, “Ada yaitu angin”

Akhirnya para malaikatpun masih penasaran dan bertanya lagi : “Ya Allah, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih dahsyat dari itu semua?"

Allah menjawab : “Ada , yaitu amal anak Adam yang mengeluarkan sedekah dengan tangan kanannya sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya”.

(Subhanalloh…ternyata yang paling dahsyat adalah SHO-DA-QOH)


Hadirin Jama’ah Jum’ah Rohimakumulloh

kalau cerita tadi yang bertanya adalah malaikat, sekarang bagaimana jika yang bertanya adalah kita sebagai manusia, missal pertanyaannya adalah begini : “Jika kita orang fakir atau miskin yang tidak punya duwit/harta untuk disedekahkan bagaimana?” Maka Jawabannya adalah… Sebuah yang bersumber Dari Abu Huroirah Rodhiyallohu ‘anhu , ia berkata, “Rosululloh SAW bersabda, “Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya”


Lalu, apa sajakah dari persendian kita yang dihitung sebagai shodaqoh?


Pertama :

تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ

“Engkau mendamaikan dua orang (yang bertikai/berselisih) adalah shodaqoh”


Kedua :

وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِـيْ دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا ، أَوْتَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ

“Engkau membantu seseorang menaikkannya ke atas kendaraannya atau engkau menaikkan barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah shodaqoh”


Ketiga :

وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ

“Ucapan yang baik adalah shodaqoh”


Keempat :

وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَـمْشِيْهَا إِلَـى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ

“Setiap langkah yang engkau jalankan menuju (ke masjid) untuk sholat adalah shodaqoh”


Dan Kelima :

وَتُـمِيْطُ اْلأَذَىٰ عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

“dan engkau menyingkirkan gangguan (duri, dsb) dari jalan adalah shodaqoh”


Hadirin Jama’ah Jum’ah Rohimakumulloh

Demikian khutbah yang dapat kami sampaikan, semoga kita termasuk orang-orang yang ahli bersedekah. Amin, amin, yaa robbal ‘alamin…


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.


(AW)

Salurkan donasi Anda melalui Lazismu Jember dengan cara transfer ke:

Bank Syariah Mandiri (BSM)
Norek: 7011737352
an. Lazis Muhammadiyah-IS

Bank Syariah Mandiri (BSM)
Norek: 7011737368
an. Lazis Muhammadiyah Zakat

Bank Muamalat Indonesia (BMI)
Norek: 7310061875
an. Lazismu Jember


Konfirmasi via Whatsapp: 08113669188


Khutbah Jum'at: Keutamaan Bersedekah Khutbah Jum'at: Keutamaan Bersedekah Reviewed by Lazismu Jember on 10/16/2020 10:43:00 AM Rating: 5